Friday, December 02, 2005

Makna Sebuah Penghargaan

Jika tak bisa meraih penghargaan bukanlah Provinsi Riau namanya. Baik penguasa di provinsi, kabupaten dan kota selalu ada saja yang mendapat penghargaan dari pemerintah pusat seiring kemajuan pembangunan ataupun keterlibatannya langsung dalam mengagendakan berbagai program kegiatan yang mengarah ke masyarakat.

Namun terkadang pula, di dalam relung hati yang paling dalam, ada terngiang dan selalu bertanya, apa betul layak penghargaan itu diterima di tengah keadaan masyarakatnya dan situasi perkotaan seperti saat ini? Begitu pula dengan seorang teman saya yang pernah meminta saya untuk mempertanyakan melalui sebuah tulisan seperti sejauh apa kriteria suatu kota menerima penghargaan adipura, ataupun yang dulunya pernah dipertanyakan masyarakat seperti keadaan tata kota alias wahana atau apa pun namanya itu.

Nah, tepat pada hari kemarin, satu lagi penghargaan yang diterima Bapak Gubernur kita HM Rusli Zainal, SE yang katanya berhasil mengedepankan berbagai program di dunia pendidikan yang tak terlepas dari dedikasinya untuk selalu berkeinginan meningkatkan mutu pendidikan di Riau. Sehingga pemerintah pusat meliriknya dan ‘menghadiahi’ penghargaan yang cukup bergengsi ‘Pataka Pendidikan Indonesia’.

Apa betul dia (Rusli Zainal, red) telah begitu memperhatikan dan memajukan dunia pendidikan di Riau seiring program nomor wahidnya, K2I (pengentasan kebodohan dan kemiskinan dan infrastuktur) yang selalu dikumandangkan di sebelas kabupaten/kota di Riau ini.

Mungkin, kita perlu dan patut juga mempertanyakan hal ini kepada pemberi hadiah akhir tahun ini yang cukup bergengsi ini. Di mana kriterianya, sejak kapan melakukan pemantauan, apa tak ada lagi penghargaan pendidikan yang benar-benar menyentuh hati nurani orang-orang yang berkutat di dunia pendidikan yang betul-betul bersentuhan?

Namun jika menilik dari kepedulian Gubernur kita ini, harusnya kita memang mulai mengacungkan jempol. Sebab, dengan memberikan porsi paling besar ke pendidikan dari APBD 2005 Riau maka jelas apa yang diinginkannya. Dengan begitu care-nya, sosok inipun kembali diperhitungkan Mendiknas untuk diakui keuletan dan perhatiannya terhadap dunia pendidikan di Riau. Namun kita berharap, semua usaha dan iktikad baik gubernur kita jangan sebatas penghargaan saja melainkan harus tetap maju memikirkan kemajuan pendidikan di Riau ini. Kendati masih saja ada yang meragukan, apa bukti nyata dari penghargaan itu.

Sekali lagi kita berharap, semoga dengan tekad dan semangat gubernur kita ini, semua masyarakat ikut mendukung demi peningkatan mutu pendidikan di Riau. Semoga saja,..maju terus pendidikan Riau dan selamat buat Bapak.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More